Gimana Cara Kita-kita Bisa Merawat Laptop Yang Baik dan Benar

Itu laptop bahan percobaannya, ahaha,,,,
tapi lihat dulu, disitu udah diberi pelindung keyboard dari debu tuh, ahaha, yang dilihat laptopnya aja ya, jangan yang belakang, berantakan, ahaha,,,

Ok, kita balik lagi ke topik permasalahan, mungkin beberapa dari kalian ada yang punya laptop, dan sangat bangga banget bila laptop itu diberi secara GRATIS, TIS, TIS, ahaha, sampai-sampai setiap habis digunain, dibersihin layarnya, Takut entar berdebu,ahaha, ditopik kali ini gua mau share cara merawat laptop, supaya laptop kalian bisa awet sepanjang masa, ayo kita mulai saja….

>> 1. Membersihkan layar
Untuk menghilangkan debu di layar, bersihkan dengan kain yang lembut dan tidak berbulu, ntar si laptop geli gimana coba, ahaha,,,
Lebih bagus lagi gunakan pembersih layar antistatik, jangan sekali-kali dibersihin pake air, cairan pembersih atau bahan kimia pada layar, karena itu semua akan mengakibatkan kerusakan permanen pada komputer.

>> 2. Membersihakan Panel Sentuh dan Papan Ketik
Kotoran dan noda pada panel sentuh dapat mengakibatkan kursor bergerak acak di sekitar layar. Untuk menghindari hal macam ini, bersihkan Panel Sentuh dengan kain yang lembab, dan bersihkan tangan Kalian setiap kali hendak menggunakan komputer.
Kemudian untuk Papan Ketiknya, bersihkan secara teratur agar tombol-tombolnya tidak macet, juga untuk menghilangkan debu, dan berbagai macam mikrobakteri yang terdapat diantara tombol. Jangan gunakan alat penghisap debu untuk membersihkan papan ketik. Penghisap debu dapat menempelkan kotoran rumah yang lebih berbahaya daripada debu yang biasanya menempel di papan ketik. Biasanya terjadi sengatan arus listrik atau kerusakan pada komponen internal. Gunakan pelindung keyboard untuk meminimalisir masuknya debu dan sejenisnya.

>>3. Kondisi Panas Laptop
Ketika digunakan, laptop biasanya terasa hangat saat disentuh bagian bawahnya, tapi jika panasnya tidak normal, laptop mungkin terlalu panas akibat ventilasinya terhalang.
Jika kalian menduga laptop terlalu panas, matiin aja laptop supaya dingin lagi hingga mencapai suhu ruang. Kemudian, pastikan semua lubang udara bebas dari pengalang ketika laptop sedang digunakan. Untuk mengurangi cedera akibat panas, jangan letakkan laptop pada pangkuan kalian atau menghalangi ventilasi udaranya. Taruh di tempat yang permukaannya datar dan kokooh. Jangan ditaruh dipermukaan keras atau permukaan yang lembut.

>>4. Baterai Laptop
Biar baterai awet penggunaannya, lebih baik ketika laptop digunakan dirumah atau dikostan, dilepaskan aja baterainya agar baterai tidak terisi listrik terus-terusan. Karena akan menyebabkan kerusakan pada internal baterai. Jangan paksakan baterai dalam kondisi habis, bis. Kalau sudah hampir habis, lebih baik matikan laptop, atau segera dicharge jika situasi kondisi tidak memungkinkan mematikan laptop. Kalau bisa ketika mencharge baterai dalam kondisi mati dan ketika sudah penuh cabut, biasanya laptop mempunyai inidkator lampu yang dapat kita gunakan untuk mengetahui jika baterai telah terisi penuh.

>> 5. Anti-Virus

Gunakan software-software yang aman dari virus jika tidak ingin repot2 menginstall ulang komputer diakibatkan oleh virus, seperti Linux, atau install aja anti virus, sekarang kan udah banyak software anti-virus yang bagus, ya mungkin kita harus mengupdatenya jika ingin anti-virus tersebut lebih baik penggunaannya dari sebelum-belumnya. Jangan menginstall anti-virus terlalu banyak, karena akan menyebabkan beberapa anti-virus akan menyerang sesama anti-virus.

>> 6. Cover i Laptop

Gunakan cover atau bungkus laptop agar laptop tidak rusak karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai kegencet karena tas yang penuh, ini dapat merusak LCD.

Yup, itulah tips-tips perawatan laptop yang telah disampaikan oleh saya, jika ingin menambahkan kritik, saran, dan masukan, silahkan dikomentari saja ya, maaf jika bahasanya agak semrawut, maklum jarang nulis-nulis artikel, ahaha…..

Selamat dicoba deh…^.*

Tentang ndandhi29292

Gimana ya, gua orangnya pendiam sih, tapi klo ada yang ngajak gokil, apa ngelakuin hal2 konyol, aneh, nyeleneh, jangan lupa ajak gua, pasti bakal aneh dua kali lipat deh, ahaha,,, udah itu dulu aja deh, ntar gua tambah lagi isinya,,,, :P
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s