Teknologi pada Harddisk

Salam Hangat lagi…

Saya datang lagi nih, kali ini saya akan membahas teknologi-teknologi yang terdapat pada Harddisk. Yang akan saya bahas adalah Harddisk teknologi RAID, NAS, dan HAS.

  • Mengenal RAID

RAID singkatan dari Redundant Array of Inexpensive Disks, tapi juga ada yang menyebutkan Redundant Array of Independent Disks. RAID merupakan gabungan beberapa harddisk yang terhubung satu sama lain. Meski kumpulan dari beberapa HDD, sistem pengoperasiannya tetap membaca sebagai satu disk. RAID di desain untuk meningkatkan keandalan data atau meningkatkan kinerja I/O dari harddisk.

Saat menyimpan sebuah data, data yang sama akan disimpan dalam harddisk lain, sehingga tingkat kegagalan penyimpanan data akibat kerusakan disk berkurang. Sebaliknya, data dalam setiap hard disk juga akan dibaca pada waktu bersamaan. Dengan begitu, akses data akan lebih cepat karena jika satu hard disk gagal terbaca, maka data yang sama pada hard disk lain akan menggantikannya. Karena kemampuannya lebih tinggi dibanding hard disk biasa, RAID umumnya digunakan untuk server.

  • NAS (Network Attached Storage)
Network-Attached Storage (NAS) device adalah sebuah sistem penyimpanan yang mempunyai tujuan khusus yaitu untuk diakses dari jauh melalui data network. Klien mengakses NAS melalui RPC ( remote-procedure-call) seperti NFS untuk UNIX atau CIFS untuk Windows. RPC dibawa melalui TCP atau UDP (User Datagram Protocol) dari IP network biasanya dalam local-area network (LAN) yang sama dengan yang membawa semua lalu lintas data ke klien. Unit NAS biasanya diimplementasikan sebagai sebuah RAID array dengan software yang mengimplementasikan interface RPC.
NAS menyediakan jalan yang cocok untuk setiap komputer dalam sebuah LAN untuk saling berbagi pool penyimpanan dengan kemudahan yang sama seperti menamai dan menikmati akses seperti HAS lokal. Umumnya cenderung untuk lebih tidak efisien dan memiliki peforma yang lebih buruk dari penyimpanan direct-attached.
ISCSI adalah protokol NAS terbaru. Protokol ini menggunakan protokol IP network untuk membawa protokol SCSI. Host dapat memperlakukan penyimpanannya seperti direct-attached, tapi storage-nya sendiri dapat berada jauh dari host.
  • HAS (Host Attached Storage)
Host-Attached Storage (HAS) adalah pengaksesan storage melalui port M/K lokal. Port-port ini menggunakan beberapa teknologi. PC biasanya menggunakan sebuah arsitektur bus M/K yang bernama IDE atau ATA. Arsitektur ini mendukung maksimal 2 drive per M/K bus. Arsitektur yang lebih baru yang menggunakan simplified cabling adalah SATA. High-end workstation dan server biasanya menggunakan arsitektur M/K yang lebih rumit, seperti SCSI atau fiber channel (FC).
—SEKIAN—

Tentang ndandhi29292

Gimana ya, gua orangnya pendiam sih, tapi klo ada yang ngajak gokil, apa ngelakuin hal2 konyol, aneh, nyeleneh, jangan lupa ajak gua, pasti bakal aneh dua kali lipat deh, ahaha,,, udah itu dulu aja deh, ntar gua tambah lagi isinya,,,, :P
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s